SEMIOTIKA DALAM KEHIDUPAN PADA OBJEK BENDA "JAM TANGAN"

HUBUNGAN SEMIOTIKA PADA JAM TANGAN

    Semiotika dalam kehidupan Sehari - Hari tentunya tanpa kita sadari ada banyak hal tanda yang tanpa sadar ternyata itu adalah bentuk dari komunikasi verbal dan non verbal. Namun, tidak selamanya dapat  dipahami secara benar dan sama di mata masyarakat, sebab setiap orang memiliki interpretasi tersendiri untuk menjabarkan konsep dari suatu tanda.

    Semiotika Adalah  sebagai ilmu yang mempelajari tanda. Tanda itu sendiri dianggap sebagai suatu dasar konvensi sosial dan memiliki sesuatu (makna) tertentu. 

    Menurut Charles Sanders Pierce, tanda dalam semiotika akan selalu berkaitan dengan logika, terutama logika manusia untuk menalar adanya tanda-tanda yang muncul di sekitarnya. Pierce membagi tanda atas tiga hal, yakni ikon, indeks, dan simbol.

Menurut Pierce, terdapat sebuah analisis yang berkaitan dengan esensi tanda dan mengarah pada pembuktian bahwa setiap tanda akan ditentukan oleh objeknya


    Sebagai contoh Semiotika dalam kehidupan sehari - hari saya adalah Jam Tangan kesayangan saya.


Jam Tangan Guess bewarna Peach ini adalah menjadi barang kesayangan saya yang telah menemani selama setahun lebih. Jam tangan ini adalah sebuah pemberian kado di hari ulang tahun saya dari seseorang yang bisa dibilang selalu menemani saya, menjadi sosok orang yang selalu mendengar perbincangan tentang semua hal yang berakhir diluar dugaan, serta benar benar menjadi bagian terpenting dalam hidup saya.

Hal- hal kecil seperti kado pemberian jam tangan ini merupakan kado terindah bagi saya. Karena kenapa, bagi Saya Sebuah Effort seorang laki laki yang telah bersiap menyiapkan sebuah Hadiah untuk saya dihari rasa syukur saya telah bertambah nya usia benar benar hal sangat bahagia buat saya. 

"Selamat Ulang Tahun ya, Maaf hanya ini dulu yang bisa diberikan"  Dengan kalimat kata inilah yang diucapkan nya saat memberi hadiah, ini membuat saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepadanya. Tidak melihat dari harga ataupun barangnya saya melihat sebuah usaha nya yang telah merepot - repotkan dirinya untuk menabung, mencari serta membeli hadiah jam tangan ini demi membahagiakan saya dihari Ulang tahun saya. Bisa dibilang hadiah ini sederhana tapi sangat bermakna.

Atas usahanya, barang ini lah yang menjadi barang kesayangan saya. Menemani saya dalam berpenampilan serta sebagai penunjuk kehidupan saya dari mulai beraktivitas. 

Jam tangan Pemberian dari orang paling spesial ini mengingatkan saya sebagai tanda karna waktu ini adalah hal yang paling sangat Berharga , karna waktu terlalu lambat untuk orang yang menunggu, terlalu lama untuk orang yang bersedih, tapi waktu terlalu cepat untuk orang yang bahagia. Makanya dari jam tangan ini lah selalu mengingatkan saya untuk jangan menyia nyiakan waktu yang ada.

Jam tangan saya inilah sebagai contoh semiotika dalam kehidupan sehari-hari. Pada element sign (tanda) saya isi dengan kata atau nama objeknya yaitu “Guesswacth”.  Selanjutnya pada element Object (Objek) diisi dengan Benda ataupun Objek sendirinya yaitu "Jam Tangan, serta pada bagian element interpretant (Tafsiran) ini di isi dengan Tafsiran jam Tangan ini yang biasanya berfungsi yaitu sebagai Penunjuk Waktu. Dalam setahun lebih saya telah merawat dan menjaga barang tersebut.  Kini sekarang semiotika pada element interpretantnya adalah Sebuah aksesoris untuk berpenampilan.



Segitiga Semiotika Charles Sanders Pierce Pada Jam Tangan

Jadi, seperti inilah kisah singkat cerita jam tangan kesayangan. Dari semua pemaparan di atas, kita bisa simpulkan bahwa Jam Tangan Kesayangan saya adalah dapat diterapkan dalam Semiotika kehidupan sehari hari menjadi sebagai sebuah tanda atau penanda. Cukup sekian dan Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MITOS, METAFORA, METONIMI DALAM SEBUAH FILM "MENCURI RADEN SALEH"

ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE "FILM MENCURI RADEN SALEH"

Pengalaman dan Mitos Lagu "Golden Hour"