JURNAL DALAM SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE

  



#JURNAL 1 

  • JUDUL : SEMIOTIKA FERDINAN DE SAUSSURE SEBAGAI METODE PENAFSIRAN AL-QUR’AN: KAJIAN TEORITI
  • OBJECT : Penafsiran Al Quran 
  • METODE PENELITIAN : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis library reseach, yang akan mengkaji hakikat semiotika dalam perspektif Ferdinan De Seasure dan relevansinya dalam penafsiran Al-Qur’an.
  • ANALISIS :1. Prinsip struktural, yang terdiri dari struktur (tanda, rujukan dan maksud) yang memiliki hubungan dengan tanda. Jadi apa yang kita lakukan adalah simbol; 2. Prinsip satu kesatuan, yaitu tanda dan penanda memiliki hubungan makna yang logis; 3. Prinsip konvensional, yaitu kesepakatan sebuah tanda meski dianggap tidak rasional; 4. Prinsip sinkronik, yaitu menyesuaikan unsur ruang dan waktu untuk mendapatkan makna yang kuat; 5. Prinsip representasi, yaitu suatu perbuatan mewakili kenyataan tertentu atau realitas menjadi rujukan. 
  • KESIMPULAN : Bentuk teks tulisan (Al-Qur’an) hingga pembuat tanda dan pembaca tanda dapat memahami realitas melalui aktivitas eksegetik berupa simbol/tanda. teori semiotika mampu menjadi subjek penelitian dalam menafsirkan Al-Qur’an berdasarkan struktur atau pola penafsiran, unsur-unsur yang ditafsirkan, melihat latar belakang sosial budaya melalui tanda atau peristiwa yang terjadi dan simbol atau ayat yang merepresentasikan realitas. Adapun faktor yang menentukan adanya tanda yang dikonsepkan dalam Al-Qur’an meliputi ground sebagai perwujudan gejala umum, object sebagai hal-hal yang diacu dan interpretant sebagai tanda baru yang diterima oleh pembaca.

#JURNAL 2

  • JUDUL : ANALISIS SOSOK LAISA DENGAN KAJIAN SEMIOTIK FERDINAND DE SAUSSURE PADA NOVEL DIA ADALAH KAKAKKU KARYA TERE LIYE 
  • OBJECT : Novel Dia adalah kakakku Karya Tere Liye
  • METODE PENELITIAN : Metode penelitiannya menggunakan metode semiotika Ferdinand De Saussur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kata frasa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui teknik simak, dan teknik mencatat untuk memperoleh data dilakukan dengan menyimak penggunaan data. Peneliti juga menggunakan instrumen bantuan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan kartu data untuk pengkodean data. Peneliti menggunakan teknik dengan pembacaan heuristik dan hermeneutik atau retroaktif Riffaterre.
  • ANALISIS : Terdapat 33 tanda sosok kakak yang ada dalam novel Dia Adalah kakakku karya Tere Liye, yakni; 5 tanda sosok kakak yang baik, 11 tanda rela berkorban, 8 tanda sosok kasih sayang seorang kakak, 1 tanda sosok mandiri, 3 tanda sosok kakak yang kuat,dan 4 tanda sosok kakak yang sabar.
  • KESIMPULAN : bahwa dengan adanya fokus penelitian dan rumusan masalah yang telah ditentukan. Peneliti menemukan penanda dan petanda dalam novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye. Peneliti menemukan 33 tanda yang menjadi bentuk tanda sosok Laisa.  

#JURNAL 3

  • JUDUL :MAKNA PERDAMAIAN PADA LAGU DEEN ASSALAM YANG DIPOPULERKAN OLEH SABYAN GAMBUS (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE)
  • OBJECT : Lagu Deen Assalam Yang Dipopulerkan oleh Sabyan Gambus
  • METODE PENELITIAN : Menggunakan Metode semiotika Ferdinand De Saussure
  • ANALISIS :   menarik makna perdamaian yang terdapat di dalam lirik lagu Deen Assalam yang dipopulerkan oleh Sabyan Gambus diantaranya: Makna perdamaian yang terdapat pada bait pertama bahwa, toleransi berkaitan erat dengan perdamaian.
  • KESIMPULAN : dalam lirik lagu Deen Assalam diatas, diharapkan agar masyarkat lebih memahami ajaran-ajaran Islam itu sendiri dan mampu menjunjung nilai-nilai perdamaian dalam Islam, agar terwujudnya perdamain dunia.


OBJECK DESAIN PALING MENARIK DALAM DIRI SENDIRI

Object Desain : Kamera fotografi
Alasannya : Alat sebuah impian sejak sebelum memilih masuk jurusan SMK. Saat hari itu ketika mengikuti ayah bekerja syuting dan saat itu jugalah impian saya yang muncul ketika melihat kamera di mana-mana saat di lokasi syuting dan menjadi hal paling menarik serta bertekad dengan sebuah impian untuk menjadi fotografer terkenal. Saya tahu arah tujuan saya Saya memilih untuk masuk SMK dengan jurusan multimedia dengan tujuan untuk saya terus berusaha belajar fotografi serta mengajukan diri untuk berada dibagian menjadi panitia dokumentasi setiap acara. 
Saat kelas 2 SMK satu hal usaha muncul lantas dari otak saya yaitu Membuka usaha fotografi wedding dan dokumentasi lainnya, suka duka menjalani usaha ini serta tujuan utama saya sekarang yaitu untuk menciptakan dan mensukseskan usaha saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MITOS, METAFORA, METONIMI DALAM SEBUAH FILM "MENCURI RADEN SALEH"

ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE "FILM MENCURI RADEN SALEH"

KAJIAN SENI RUPA REVIEW JURNAL SEMIOTIKA